Proposal Gerakan Orang Tua Asuh

Munculnya gagasan tentang gerakan orang tua asuh qurrotu ‘aini didasari atas keprihatinan terhadap kondisi pendidikan kaum muslimin saat ini yang cenderung kurang berpihak kepada masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi, karena tingginya biaya pendidikan. Kehadiran pendidikan yang terjangkau dan berkualitas bagi peserta didik di kalangan ekonomi lemah sepertinya masih jauh dari harapan. Untuk itu, kami merasa terpanggil untuk menghadirkan sebuah program gerakan orang tua asuh dalam rangka memfasilitasi para peserta didik dari kalangan keluarga pra sejahtera agar dapat mengenyam pendidikan dengan layak. Program ini hadir dengan memprioritaskan anak-anak dari keluarga pra sejahtera utamanya kaum dhuafa dan anak yatim yang sedang dan akan melanjutkan pendidikan di sekolah, pesantren atau ma’had salaf.

Sebagaimana Firman Allah Subhaanahu Wa Ta’aalaa yang termaktub dalam qur’an surat Al ma’idah ayat 2 yang artinya :

“….Hendaknya tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan, dan janganlah saling tolong menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat keras dalam hukumannya”.

Kemudian surat Al baqoroh ayat 245 yang artinya :

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan allah), maka allah melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-nya-lah kamu dikembalikan.”

Dan sebagaimana hadits Rasulullaahi Sholallaahu a’laihi wassallaam yang artinya

Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027).

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

=====================================

Proposal Lengkap Klik Di Sini

Surat Pernyataan Kesediaan menjadi Orang Tua Asuh

Advertisements

About YPDI Qurrotu 'Aini

Memfasilitasi Jalannya Pendidikan dan Dakwah Islam menurut Pemahaman Ahlussunnah wal Jama’ah yang Sesuai dengan Pemahaman para Sahabat, Tabi’in, dan Tabi’it Tabi’in.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s